Contoh Teks Eksposisi Beserta Pengertiannya

Pengertian Teks Eksposisi Pengertian teks eksposisi adalah sebuah paragraf atau karangan yang terkandung di dalamnya sejumlah informasi yang mana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat dan akurat.Ciri-ciri Teks Eksposisi
  • Gaya informasi yang mengajak
  • Penyampaian teksnya secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku
  • Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan
  • Tidak memihak berarti tidak memaksakan kemauan dari penulis terhadap pembacanya
  • Teks Eksposisi bersifat objektif dan netral
  • Penjelasannya disertai data-data yang akurat
  • Fakta digunakan sebagai alat konkritasi dan kontribusi


Struktur Teks Eksposisi
  1. Pernyataan pendapat (Tesis) : Gagasan utama tentang salah satu permasalahan berdasarkan fakta.
  1. Argumentasi : Penjelasan secara mendalam tentang pernyataan pendapat dan pengungkapan fakta sebagai penjelasan dari argumen si penulis.
  1. Penegasan ulang pendapat : Salah satu penguat dari pendapat serta argumen yang ditunjang oleh fakta.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Eksposisi DefinisiEksposisi definisi adalah suatu paragraf eksposisi yang memaparkan definisi suatu topik tertentu.
Eksposisi Proses Eksposisi proses adalah langkah-langkah atau cara-cara untuk melakukan sesuatu dari awal hingga akhir.
Eksposisi IlustrasiEksposisi ilustrasi adalah teks yang memaparkan informasi atau penjelasan-penjelasan tertentu dengan caranya memberikan gambaran yang sederhana mengenai suatu topik dengan topik lainnya yang memiliki kesamaan sifat atau kemiripan dalam hal-hal tertentu.
Eksposisi LaporanEksposisi laporan adalah paragraf eksposisi yang mengemukakan laporan dari sebuah berita atau penelitian tertentu.
Eksposisi PerbandinganEksposisi perbandingan adalah eksposisi yang gagasan utamanya disajikan dengan cara membandingkan dengan yang lain.
Eksposisi PertentanganEksposisi pertentangan adalah eksposisi ini berisi tentang hal pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya.
Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi
Unsur kebahasaan merupakan bagian-bagian yang membangun teks eksposisi. Unsur kebahasaan yang ada pada teks eksposisi adalah pronomina, konjungsi dan kata leksikal.Pronomina Pronomina adalah kata ganti orang yang dapat digunakan terutama pada saat pernyataan pendapat pribadi diungkapkan. Pronomina dapat diklasifikasikan menjadi dua macam :1. Pronomina Persona (kata ganti orang) yaitu persona tunggal. Contohnya : Ia, Dia, Anda, Kamu, Aku, Saudara, -nya, -mu, -ku, si-. Dan pesona jamak contohnya seperti : Kita, Kami, Kalian, Mereka, Hadirin, Para.2. Pronomina Nonpersona (kata ganti bukan orang) yaitu pronomina penunjuk, contohnya adalah : Ini, Itu, Sini, Situ, Sana. Dan pronomina penanya contohnya : Apa, Mana, Siapa.KonjungsiKonjungsi atau kata penghubung digunakan dalam teks eksposisi untuk memperkuat argumentasi. Berikut ini adalah jenis konjungsi yang dapat ditemukan pada teks eksposisi :1. Konjungsi waktu : sesudah, setelah, lalu, sebelum, setelah itu, kemudian2. Konjungsi gabungan : serta, dan, dengan3. Konjungsi pembatasan : asal, kecuali, selain4. Konjungsi tujuan : untuk, supaya, agar5. Konjungsi persyaratan : jika, jikalau, apabila, bila, asalkan, bilamana, apabila6. Konjungsi perincian : adalah, yaitu, ialah, antara lain, yakni7. Konjungsi sebab-akibat : sehingga, karena, sebab, akibat, akibatnya8. Konjungsi pertentangan : akan tetapi, tetapi, namun, melainkan, sedangkan9. Konjungsi pilihan : atau10. Konjungsi penegasan/penguatan : apalagi, bahkan, hanya, lagi pula, itu pun11. Konjungsi penjelasan : bahwa12. Konjungsi perbandingan : bagai, seperti, serupa, ibarat13. Konjungsi penyimpulan : oleh sebab itu, oleh karena itu, jadi, dengan demikian.Kata leksikal1. Nomina : kata yang mengacu pada benda, baik nyata ataupun abstrak.2. Verba : kata yang mengandung makna dasar perbuatan, proses, atau keadaan yang bukan sifat.3. Adjektiv : kata yang dipakai untuk mengungkapkan sifat atau keadaan orang, benda, dan binatang.4. Adverbia : kata yang melengkapi atau memberikan informasi berupa keterangan tempat, waktu, suasana, alat, cara dan lain-lain.
Contoh Teks Eksposisi
      
             KEBANYAKAN TUGAS MEMBUAT MENGANTUK      TESIS   Dewasa ini, banyak sekali tugas-tugas yang diberikan kepada siswa oleh gurunya, baik itu siswa sekolah menengah atas maupun sekolah menengah kejuruan. Mengingat pentingnya sebuah pembelajaran bagi siswa, guru menyiasati agar bisa mengulang pembelajaran yang telah disampaikan dengan cara memberikan pekerjaan rumah misalnya tugas. Dengan pekerjaan rumah yang diberikan, siswa mau tidak mau harus membaca ulang materi yang telah disampaikan. Ini diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih memahami apa yang telah diajarkan. Namun kebanyakan siswa mengeluh karena tugas yang diberikan terlalu banyak.        ARGUMENTASI      Dengan cara ini guru tidak perlu menyampaikan berulang-ulang materi yang diberikan oleh guru, ini juga bisa untuk menyiapkan materi-materi yang akan dipelajari sebelum materi disampaikan siswa agar bisa mempelajari terlebih dahulu sebelum di jelaskan lagi oleh guru. Ini juga agar bisa dipelajari lagi dirumah jika pada kurikulum ini tidak dikasih buku-buku dari sekolahan sehingga tugas-tugas ini bisa menjadi pengganti buku pelajaran yang ada disekolah.    PENEGASAN ULANG       Sebenarnya, pekerjaan rumah akan sangat membantu kita dalam memahami bila dikerjakan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh. Ini juga bermaksud agar siswa dirumah tidak bermalas-malasan saja sehingga guru ingin memastikan siswa dirumah belajar dengan melakukan mengerjakan tugas maupun pekerjaan dirumah. Tapi kebanyakan siswa tidak mengerti dari maksud guru memberikan tugas atau pekerjaan tersebut tapi melainkan buang-buang tenaga saja pikir para siswa. Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh ini bisa membuat ringan saat ada ulangan sehingga tidak perlu belajar sampai terlarut malam dan menjadi lelah disaat mengerjakan ulangan di pagi harinya. Jadi jangan menyepelekan tugas maupun pekerjaan yang diberikan oleh guru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Sejarah

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Strukturnya

12 Cara Menambah Berat Badan Cepat Secara Alami